Resep Nyuzz

Dapur Resep Masakan-Masakan Dunia

Steak Iga Saus “Vide”,  Dengan Salsa Verde Pedas

2 min read

Hasilkan 4 hingga 6 porsi

Waktu 2 jam, plus dingin

 

Ketika Anda berusaha menghidangkan steak iga yang benar-benar baik, Anda pastilah ingin memasaknya dengan sangat seksama. Memasaknya dengan campuran istimewa saus-vide hingga hidangan ini paripurna, kemudian membakarnya di atas panggangan sampai terlihat agak hangus di tepiannya, akan membuat Anda mempunyai pengalaman memasak yang sungguh sangat serius.

 

Bahan

Untuk steak:

2 steak tulang rusuk, masing-masing setebal 1 1/2 inci

Garam halal dan lada hitam yang baru ditumbuk

2 siung bawang putih, dihaluskan menjadi pasta atau diparut halus

6 tangkai daun mint segar

Garam meja, untuk disajikan (opsional)

 

Untuk Salsa Verde:

½ cangkir daun ketumbar cincang halus halus dan batang lembut

3 sendok makan mint segar

1 sendok makan daun thyme (atau bisa daun kemangi) segar cincang

2 daun bawang, hanya bagian putih dan hijau muda, diiris tipis

1 serrano chile atau jalapeño, dibelah dua, ditaburkan dan dicacah

1 siung bawang putih, parut halus atau tumbuk menjadi pasta

1 ½ sendok makan jus jeruk nipis segar, ditambah lagi sesuai kebutuhan

1 sendok teh harissa atau saus pedas lainnya

¼ sendok teh bubuk jintan

½ sendok teh garam halus, sebagai pelengkap sesuai kebutuhan

¼ sendok teh lada hitam yang baru ditumbuk

⅓ cangkir minyak zaitun extra virgin

 

Persiapan

Bumbui steak dengan garam dan merica secara merata. Oleskan pasta bawang putih secara merata di atas daging, lalu tutup dengan setangkai daun mint. Tempatkan steak dalam kantong saus-vide lalu dinginkan selama setidaknya 6 jam dan sebaiknya semalam.

Isi panci dengan air, tambahkan perasa saus-vide dan atur suhu ke suhu memanggang steak ideal Anda, 122 hingga 126 derajat untuk panas rata-rata.

Celupkan kantong tadi ke dalam air panas, tekanlah bila perlu agar terendam. Masak steak selama 1 1/2 jam. Jika Anda ingin mengeringkan daging yang dimasak untuk mendapatkan efek gosong yang lebih baik, letakkan di rak kawat yang diletakkan di atas loyang dan dinginkan setidaknya selama 6 hingga 36 jam. Hingga selanjutnya Anda bisa langsung memanggang sekaligus menghidangkannya.

Saat siap dihidangkan, nyalakan panggangan, atau panaskan broiler (bagian bawah oven) dan letakkan rak 4 inci dari elemen pemanas.

Buang daun thyme dari daging dan keringkan daging jika Anda belum juga mengeringkannya. Panggang atau panaskan steak sampai tampak sedikit hangus, total 2 hingga 5 menit. (Pastikan untuk membakar lemak pada tulang dan juga kedua sisi tebal dagingnya.) Pindahkan ke talenan dan diamkan selama 5 menit.

Sementara itu, buat lalapan salsa verde: Dalam mangkuk besar, aduk bersama daun ketumbar, mint, thyme, daun bawang, cabai, bawang putih, jus jeruk nipis, “harissa”, jintan, garam dan merica sampai tercampur rata. Kocok dalam minyak zaitun, kemudian rasakan dan tambahkan lebih banyak garam dan jus jeruk nipis, jika perlu.

Untuk menyajikannya, potong steak dan kucuri dengan salsa verde, pastikan untuk mengaduknya dengan baik untuk meratakan rempah sebelum digunakan. Bumbui dengan taburan garam jika Anda suka, dan lada hitam yang baru ditumbuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *