Resep Nyuzz

Dapur Resep Masakan-Masakan Dunia

Pie Crème Brûlée

3 min read

Hasilkan 1 @ ukuran 9-inci (sekitar 8 porsi)

Waktu 3 jam, plus dingin

 

Makanan penutup yang menyenangkan ini meniru custard (puding susu manis) halus lembut dan cangkang gula karamel dari crème bréelée, dengan bonus tambahan berupa kerak keripik. Bila memiliki Food Processor akan membuat pengerjaan kulit pai dan semua-mentega jadi lebih mudah, sehingga dapat didinginkan, kemudian dipanggang, sehari sebelumnya. Tidak seperti krim tradisional, tidak perlu mendidihkan krim di atas kompor atau menggunakan blower api, untuk menambah kesan yummy pada makanan penutup ini saat dihidangkan. Untuk bahan isinya hanya dicampur bersama dan dipanggang dalam kulit pie, kemudian dinginkan. Panggang pai tepat sebelum disajikan untuk menghasilkan krispi khas di atasnya.

 

Bahan

untuk kerak pinggiran:

1 ½ gelas / 195 gram tepung serbaguna

¾ sendok teh garam halal

¾ gelas / 170 gram mentega tawar (1 ½ batang), potong dadu dan dinginkan

7 hingga 9 sendok makan air es

 

Untuk bahan isi:

½ gelas plus 3 sendok makan / 145 gram gula pasir

4 kuning telur besar

¾ sendok teh pasta kacang vanilla atau ekstrak vanilla

¼ sendok teh garam meja

⅛ sendok teh pala parut baru

1 ½ gelas / 360 mililiter krim kental, dinginkan

 

Persiapan

Siapkan kerak: Dalam Food Processor, campur tepung dan 3/4 sendok teh garam selama 5 detik untuk dicampurkan. Buka tutupnya dan sebarkan kubus mentega secara merata di bagian atas, pasang kembali tutupnya, dan aduk merata sampai mentega seukuran kacang polong atau sedikit lebih besar. Kucuri dengan 5 sendok makan air melalui tutupnya sambil terus diaduk. Jika campuran masih kering, siram dalam lebih banyak air, tambahkan 1 sendok makan sekaligus dan berhenti setelah adonan benar-benar lembab. Periksa saat Anda mencubit campuran di antara ujung jari Anda: Seharusnya terlihat rapuh tetapi harus tetap menyatu saat Anda memerasnya. Seharusnya masih bisa diremas tanpa terlalu menempel di jari-jari Anda.

Letakkan selembar bungkus plastik di permukaan meja dan taruhlah adonan ke tengahnya. Bungkus dengan erat dan tekanlah adonan ke dalam bentuk lingkaran yang rata dan halus. Dinginkan bentukan adonan tersebut setidaknya 30 menit, atau hingga 2 hari.

Keluarkan adonan dingin dari lemari es. Pada permukaan meja yang sudah ditaburi tepung, gulung adonan dengan cepat hingga berbentuk bundar setinggi 13 inci, pastikan untuk sesekali membalik, membalik, dan sedikit membasahi adonan dan gilingan saat Anda melakukannya. Pindahkan kerak dengan hati-hati ke piring pai kaca 9 inci, pastikan untuk tidak merentangkannya saat Anda meletakkannya di sudut piring.

Dengan menggunakan gunting, potong tepi adonan yang kasar dan selipkan sisa yang ada di bawahnya untuk membuat pinggiran yang lebih tebal yang terletak di tepi wajan. Sesuaikan ujung-ujungnya menggunakan ujung jari Anda atau tusuk garpu, kemudian tempatkan seluruh piring dalam freezer selama 30 menit untuk mengeras.

Panaskan oven hingga 425 derajat dan posisikan rak di tengah oven. Keluarkan kerak dari freezer dan letakkan selembar kertas kulit di atas kerak pie, pastikan itu jauh melampaui tepi pie, dan beri kertas dengan clemek piring pie atau kacang mentah. Panggang selama 30 menit sebelum mengeluarkan piring pie dan kulit kertas tadi, lalu panggang lagi selama 12 hingga 15 menit sampai dasarnya berwarna cokelat keemasan. Pindahkan kerak pai ke dalam piring pai ke rak kawat hingga dingin sepenuhnya, setidaknya 30 menit.

Sementara kerak pai mendingin, panaskan oven hingga 300 derajat dan siapkan isinya: Dalam mixer dudukan yang dilengkapi dengan pengocok, tambahkan 1/2 gelas gula pasir, kuning telur, pasta kacang vanili, garam dan pala, dan kocok sampai tinggi. kecepatan selama 3 menit, berhenti untuk mengikis sisi dan bagian bawah mangkuk hingga setengah bagiannya. Campurannya akan sangat pucat dan memiliki konsistensi seperti marshmallow. Kurangi kecepatan mixernya hingga sedang, dan dengan mixer masih berjalan, kucuri perlahan dalam krim kental, kocok sampai benar-benar tercampur.

Tuang campuran ke dalam kerak yang dingin dan panggang sampai pie tampak teratur di sekitar tepi dan menggelombang di tengah, 40 hingga 50 menit. Angkat dari oven dan biarkan dingin setidaknya 20 menit sebelum dimasukkan ke dalam lemari es, terbuka, hingga dingin semalaman (atau setidaknya 4 jam, atau hingga 2 hari).

Saat siap untuk disajikan, panaskan oven untuk dipanggang dan letakkan rak 3 hingga 4 inci dari sumber panas. Keluarkan pai dari kulkas dan gunakan selembar aluminium foil dan gunting, potong lubang di tengah-tengah foil untuk membuat bingkai yang akan mengekspos isi pai tetapi menutupi kerak. Rapatkan dengan kuat sehingga melingkupi kerak dan sisi piring. Taburkan 3 sendok makan sisa gula pasir di atas isian, dan letakkan pai langsung di bawah pemanggang selama 3 hingga 6 menit, perhatikan dengan seksama dan putar panci dan kertas timah sesuai kebutuhan, sampai gula mulai menggelembung dan membakar seluruhnya.

Angkat dari oven, biarkan 3 hingga 5 menit hingga dingin sehingga gula dapat mengeras, lalu tekan permukaan dengan lembut dengan pisau untuk memecah lembaran gula di sekitar area yang ingin Anda potong. Iris dan sajikan segera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *