Resep Nyuzz

Dapur Resep Masakan-Masakan Dunia

Hasilkan 6 hingga 8 porsi

Waktunya 1 jam

Meskipun tidak ada orang Italia yang mau mengakuinya, pasta menghasilkan “tahdig” yang enak, kerak emas, yang terbentuk di bagian bawah setiap panci nasi Persia. Dengan pecahan, kerak yang manis dan renyah itu menghasilkan kelezatan spaghetti yang telah dibumbui dengan sempurna.

Putar wajan saat dimasak untuk tahdig berwarna cokelat merata, tetapi tahan keinginan untuk menyalakan panas saat pasta mendesis. Iris dan sajikan hangat, taburi dengan Parmesan, atau di sandingkan bakso atau salad sayuran yang hijau segar. Atau biarkan dingin sampai suhu kamar, bungkus dan bawa ke piknik – hidangan ini akan menghapuskan ingatan yang melekat akan setiap salad pasta potluck yang lembek.

Bahan

Garam

1 pon spageti atau capellini (rambut malaikat)

Minyak zaitun extra-virgin

2 cangkir saus tomat

1 cangkir Parmesan parut halus, ditambah lagi untuk disajikan

Opsional: 1 sendok makan pasta cabai Calabrian atau 1 sendok teh lada merah

Persiapan

Didihkan panci besar berisi air asin yang disesuaikan selera. Atur saringan di wastafel. Masak pasta, aduk sesekali dengan penjepit untuk mencegah penggumpalan. Cicipi, dan sesuaikan garam sesuai kebutuhan. Saat pasta terlihat sangat cantik, tiriskan ke saringan.

Kembalikan pasta ke dalam panci, dan tambahkan 2 sendok makan minyak, saus tomat, 1 cangkir parmesan dan pasta atau bon cabai, jika diinginkan. Aduk rata dengan penjepit untuk digabungkan. dan rasa untuk memastikan bahwa campuran dibumbui dengan baik.

Panaskan wajan anti lengket 10 inci di atas api sedang. Tambahkan 3 sendok makan minyak. Saat berkilau, timbun di pasta, dan gunakan spatula silikon untuk menepuknya secara merata ke dalam wajan. Wajan mungkin tampak sangat penuh, tetapi kue itu akan mengembun saat dimasak. Gunakan spatula untuk mengarahkan pasta dengan lembut di tepi menjadi bentuk seperti cakel, dan kurangi panas sampai sedang. Tambahkan minyak sesuai kebutuhan sampai Anda bisa melihatnya dengan lembut menggelembungkan sisi panci – ini akan memastikan bahwa tepi tahdig berwarna coklat.

Masak, putar panci seperempat putaran setiap 5 menit untuk memastikan bahkan kecoklatan. Secara berkala jalankan spatula di sekitar tepi untuk mencegah lengket. Setelah 20 menit, dengan hati-hati masukkan minyak berlebih ke dalam mangkuk tahan panas, kemudian tutup panci dengan wajan pizza atau tutup panci datar yang besar. Balikkan tahdig ke panci dengan hati-hati.

Tambahkan minyak kembali ke wajan, dan kembali ke api sedang. Jika perlu, tambahkan lebih banyak minyak untuk melapisi bagian bawah wajan. Geser tahdig dengan hati-hati ke dalam loyang, gunakan spatula untuk mengarahkannya kembali ke bentuk semula. Ketika minyak mulai menggembungkan sisi wajan dengan lembut, kecilkan api sampai sedang, dan masak selama 20 menit, putar wajan seperempat putaran setiap 5 menit.

Seka wajan pizza bersih, keluarkan minyak berlebih dan balikkan tahdig ke wajan seperti sebelumnya. Jika salah satu sisi (atau keduanya) dapat membuatnya sedikit lebih renyah, kembalikan tahdig ke dalam wajan tanpa minyak, tambahkan panas ke api sedang dan masak selama 60-90 detik, sampai mendesis dan kecoklatan dengan benar.

Oleskan minyak berlebih dengan handuk kertas. Biarkan tahdig dingin selama 10 menit sebelum menggunakan pisau roti tajam untuk dipotong menjadi irisan. Sajikan hangat atau pada suhu kamar dengan parutan Parmesan.

Tips

Gunakan saus pasta tomat kemasan ataupun saus favorit buatan sendiri untuk resep ini. Jika Anda ragu membalik adonan, masak pasta terlebih dahulu – bahkan sehari sebelumnya – dan biarkan dingin untuk memberinya kesempatan mengering; ini akan lebih tidak lengket sehingga mudah diatur di wajan, membuat tahdig lebih mudah untuk dilipat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *