Resep Nyuzz

Dapur Resep Masakan-Masakan Dunia

Moussaka Dengan Jamur Panggang

3 min read

Menghasilkan lebih kurang 8  porsi

Total waktu 2 1/2 hingga 3 jam (kebanyakan tanpa pengawasan)

Dalam gaya Balkan Moussaka di sini dengan bahan yang telah tergantikan dengan campuran jamur panggang dengan setengah takaran daging. Tetapi Anda juga bisa membuat versi vegetarian tanpa daging sama sekali. Kelezatannya, bersama saus Timur Tengah yang agak manis dibumbui dengan sedikit kayu manis, sejumput “Allspice” (Berry kering sejenis dengan merica) ataupun beberapa siung cengkeh. Moussaka asli Yunani yang diberi toping béchamel, yang sedikit berat dan berasa permen karet. Akan tetapi yang ini memiliki toping ringan dan halus yang dibuat dengan yogurt dan telur. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan ketika sausnya sudah dimasak sebelumnya, tetapi Anda bisa memulainya saat terong dipanggang dalam oven untuk mempersingkat proses ataupun membuat saus sehari sebelumnya.

 

Bahan

Untuk terong

1 sampai 1 ½ kg (3 sedang atau 2 besar) terong

Garam

2 sendok makan minyak zaitun extra virgin

 

Untuk Mengisi Jamur, Daging dan Tomat

8 ons daging cincang atau daging giling atau daging sapi tanpa lemak

2 sendok makan minyak zaitun extra virgin

2 bawang sedang, cincang halus

2 hingga 4 siung bawang putih besar, cincang (secukupnya)

8 ons campuran jamur panggang, atau untuk versi vegetarian ½ kg

1 kg tomat, dikupas dan dicincang, dengan jus, atau 28 ons, campurkan dengan jus

½ sendok teh paprika manis

¼ sendok teh kayu manis bulat

3 siung, ditumbuk

Sejumput allspice (2 atau 3 buah), ditumbuk

½ sendok teh gula

1 daun salam

½ hingga 1 gelas air panas

Garam secukupnya

lada yang baru digiling secukupnya

½ gelas daun peterseli cincang rata

1 butir telur, kocok

 

Untuk toping

4 butir telur, kocok

1 ¼ cangkir yogurt

sedikit Garam

sejumput lada

sejumput paprika

½ cangkir keju Permisan, kefalotyri atau kashkaval yang baru diparut

 

Persiapan

Panaskan oven dengan rak diposisikan di tengah dan ketiga bawah. Iris terong memanjang, sekitar 1/3 inci tebalnya. Siapkan 2 baris loyang dengan aluminium foil serta kuaskan pada foil dengan minyak zaitun. Tempatkan irisan pada aluminium foil, bumbui dengan garam, dan olesi dengan minyak zaitun. Tempatkan dalam oven dan panggang sampai lunak hingga kecokelatan, sekitar 20 menit, tukar posisi Loyang atas ke rak bawah setelah 10 menit. Jika sudah selesai irisan akan terlihat kering di permukaan hingga ketika Anda menusuknya dengan pisau harus dapat terasa bahwa dagingnya lunak. Angkat dari oven dan lipat dengan hati-hati foil di atas terong untuk membuat paket foil, berhati-hatilah. Tidak masalah jika irisan terong saling menumpuk. Pinggirkan foil yang berkerut sehingga terong tersegel di dalamnya dan biarkan menguap di dalam foil selama 20 hingga 30 menit.

Sementara itu kita bisa membuat daging dan tomat mengisi. Dalam wajan besar atau casserole panaskan minyak zaitun di atas api sedang dan tambahkan bawang. Masak, aduk terus, sampai empuk, sekitar 5 menit, dan tambahkan bawang putih. Masak, aduk, hingga harum, sekitar 30 detik, dan angkat api sampai sedang-tinggi. Aduk daging sapi atau domba dan coklat selama sekitar 3 menit. Aduk campuran jamur panggang, tomat, paprika, kayu manis, allspice, cengkeh, gula, daun salam, garam dan air secukupnya untuk menutupi daging. Didihkan perlahan-lahan, kecilkan api, tutupi dan biarkan mendidih selama 45 menit sampai satu jam, aduk sesekali. Campurannya harus kental dan sangat harum. Masak terbuka selama 5 hingga 10 menit, sampai cairan dalam wajan hampir hilang. Angkat daun salam, rasakan dan tambahkan garam dan merica, dan angkat dari api. Biarkan campuran agak dingin, lalu aduk 1 butir telur dan daun peterseli.

Panaskan oven. Olesi loyang 3 liter atau loyang gratin. Buat lapisan yang rata dari irisan terong di bagian bawah, dan sebarkan semua saus daging di atasnya dalam satu lapisan. Tambahkan terong yang tersisa. Panggang selama 30 menit.

Sementara itu, kocok telur dan yogurt, bumbui dengan garam (sekitar 1/2 sendok teh) dan aduk lada dan paprika. Tuang di atas moussaka, usap setiap tetes terakhir dengan spatula karet. Taburi keju parut secara merata di atasnya. Kembali ke oven dan panggang lagi selama 25 hingga 30 menit, sampai mengembang dan berwarna keemasan. Sajikan hangat.

 

Tips

Saus bisa juga dibuat melalui Langkah-langkah tadi, akan tetapi tanpa telur dan daun peterseli, beberapa hari ke depan dan disimpan di lemari es dalam mangkuk tertutup. Bawa kembali ke suhu kamar, lalu aduk telur Bersama daun peterseli. Casserole yang sudah dibuat adonan, tanpa topping telur dan yogurt, akan disimpan selama beberapa hari di dalam lemari es, atau dapat dibekukan (tanpa topping). Bawa kembali ke suhu kamar sebelum melanjutkan memasaknya sesuai dengan resep tersebut di atas. Selamat Mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *