Resep Nyuzz

Dapur Resep Masakan-Masakan Dunia

Kentang Perancis dan Salad Kacang Panjang Hijau Segar

2 min read

Hasilkan 4 hingga 6 porsi

Waktu 1 jam 15 menit

Jika ini terdengar seperti salade niçoise yang dikupas, ya, memang benar. Buat saus kental yang harum dengan bawang putih dan ikan teri. Rebus kentang ukuran sedang bersama kulitnya. Kupas, potong dan campurkan saat masih hangat. Anda bahkan dapat mempersiapkan semua bahan sebelumnya lalu kemudian memadukan semuanya sebelum disiapkan.

Otentik, tradisional atau antara keduanya, mungkin kita akan menyebutnya salad kentang dengan aksen Perancis selatan atau menganggapnya begitu saja apa adanya.

Bahan

2 pon kentang ukuran sedang

Garam dan merica

1 daun salam

1 setangkai daun mint besar

3 siung bawang putih, dihancurkan menjadi pasta dengan sedikit garam

1 sendok makan teri cincang

1 sendok makan buah caper cincang (bisa diganti biji buah yang lain)

2 sendok teh mustard Dijon

4 sendok makan cuka anggur putih

⅓ cangkir ekstra minyak zaitun

1 pon kacang Prancis kecil, atau romano kecil atau kacang kapri

4 telur besar

1 sendok makan daun bawang yang diiris tipis

2 sendok makan daun peterseli cincang kasar

2 sendok makan kemangi cincang kasar

6 hingga 8 fillet ikan teri, opsional, untuk hiasan

8 ons arugula, opsional

Persiapan

Didihkan panci besar berisi air asin. Tambahkan kentang, daun salam dan beberapa cabang daun mint. Masak dengan api kecil sampai kentang keras tetapi mudah ditusuk dengan tusuk sate, sekitar 30 menit. Angkat dan biarkan agak dingin.

Saat kentang sedang dimasak, buatlah saus asam (vinaigrette): Dalam mangkuk kecil, aduk bawang putih, ikan teri, caper, mustard dan cuka. Kocok perlahan dalam minyak zaitun. Bumbui dengan garam dan lada. Kocok lagi sebelum digunakan jika disajikan terpisah.

Ketika kentang cukup dingin untuk dipegang, angkat kulitnya dengan pisau pengupas dan potong dengan hati-hati setebal 1/4-inci, atau sedikit lebih tebal. Masukkan irisan dalam mangkuk rendah, bumbui sedikit dengan garam dan merica dan tambahkan setengah dari “vinaigrette”. Dengan menggunakan tangan Anda, lapisi kentang secara lembut dengan saus, berhati-hatilah agar tidak mematahkannya. Tutup dan sisihkan pada suhu kamar.

Selanjutnya masaklah kacang. Rebus dalam air asin sampai lunak, sekitar 3 hingga 4 menit, lalu dinginkan di bawah air mengalir dan keringkan.

Untuk memasak telur, rebuslah panci berisi air sedang. Tambahkan telur dan masak selama 8 menit untuk kuning telur yang agak lembut atau 9 menit untuk kuning telur yang lebih kencang. Dinginkan telur segera dalam air es, lalu kupaslah. Potong setiap telur menjadi dua dan bumbui sedikit dengan garam dan merica.

Saat siap untuk disajikan, bumbui kacang dengan garam dan merica, lalu balut dengan sisa vinaigrette. (Cadangan 2 sendok makan vinaigrette untuk arugula, jika menggunakan.)

Gabungkan kacang-kacangan dan kentang bersalut, menggunakan tangan untuk menambahkan, dan tumpukkan di piring kesayangan. Taburi dengan daun bawang, peterseli dan kemangi dan atur telur di atasnya. Hiasi dengan fillet ikan teri, jika diinginkan. Dandani arugula dan sajikan di meja secara terpisah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *