Resep Nyuzz

Dapur Resep Masakan-Masakan Dunia

Dada Ayam Parmesan Dengan Tomat dan Ramuan Salad

2 min read

Hasilkan 4 porsi

Waktunya 40 menit

Menu masakan ini sangat cocok sebagai pilihan sajian hidangan ayam diakhir pekan juga dimalam hari.

Ini adalah cara memasak dengan menguleni dalam tepung yang diisi dengan Parmesan segar dan dipanaskan dalam penggoreng dengan sedikit minyak goreng. Keju berfungsi untuk membuat semacam keju krispi, atau lazim disebut “frico”, jadi Anda tidak perlu remah roti untuk kerak atau kremesan yang sangat beraroma. Meskipun Anda bisa membuat ini sepenuhnya di atas kompor, itu akan berisiko terlalu banyak masakan Parmesan yang termasak, juga kurang atau terlalu banyak memasak daging. Sembari menyelesaikan masakan dalam oven, yang menghasilkan dada ayam yang empuk dan lembut serta menjaga agar Parmesan tidak terlalu gelap warnanya. Sajikan dengan bistik matang dan tomat ceri, dicampur dengan garam dan rempah-rempah serta sedikit cuka untuk membuat tampilan tomat muncul.

Bahan yang disiapkan:

1 ½ kg bistik matang atau tomat, potong-potong (atau dibelah dua jika dirasa terlalu kecil)

1 buah tomat ceri, dibelah dua

1 sendok makan sherry atau cuka sari buah apel

1 sendok teh garam, plus untuk bumbu

¼ sendok teh lada hitam, ditambah lagi untuk bumbu

6 ons Parmesan

1 cangkir tepung

2 butir telur besar, kocok rata

4 dada ayam tanpa kulit dan tanpa tulang, dibelah dua (setebal 1/2 inci)

3 sendok makan minyak kanola atau biji anggur

2 sendok makan kemangi iris tipis

¼ cangkir daun seledri cincang halus

Persiapan

Aduk bersama tomat, cuka, garam dan merica dalam mangkuk, dan sisihkan. Panaskan oven dengan rak pemanggangnya di posisi terendah.

Memasak ayam: Lapisi loyang dengan kertas roti. Parut setengah dari Parmesan di parutan kotak. Parut separuh yang tersisa di sisi yang lebih besar dari parutan kotak. Tambahkan keduanya ke dalam mangkuk bersama dengan 1/2 cangkir tepung, dan aduk bersama. Masukkan sisa 1/2 gelas tepung ke dalam mangkuk lainnya, dan telur kocok di mangkuk lain.

Bumbui ayam dengan garam dan merica. Celupkan dada ayam, satu per satu, ke dalam tepung. Singkirkan kelebihan dan celupkan ke dalam telur, balikkan untuk melapisinya secara merata. Singkirkan kelebihan dan celupkan ke dalam campuran Parmesan, tekanlah agar menempel dan memegang ayam dengan lembut di ujungnya untuk menjaga lapisan tetap utuh. Taruhlah ke dalam loyang bergaris.

Panaskan 2 sendok makan minyak dalam wajan tahan oven terbesar Anda. Saat minyak terlihat berkilauan, letakkan dada ayam di wajan, dalam penyangga jika diperlukan. Masak tanpa bergerak sampai lapisan di bagian bawah berwarna cokelat keemasan dan lepas dengan perlahan dari wajan, 5 hingga 6 menit. Balik dada ayam dengan hati-hati dan masak sampai sisi lainnya berwarna keemasan di luar, sekitar 3 menit lagi. Pindahkan wajan ke oven (atau pindahkan ayam ke loyang terpisah jika diperlukan untuk ruang) dan masak sampai jus menjadi jernih dan lihat suhu pada termometer yang dimasukkan ke bagian paling tebal dari potongan ayam sehingga menunjukkan 165 derajat, 4-6 menit atau lebih, tergantung pada ketebalan masing-masing potongan dada ayam.

Taburkan bumbu di atas tomat, dan kucurkan dengan sisa 1 sendok makan minyak; sajikan bersama ayam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *